Selasa, 06 November 2012

Mengenal Keyword atau Kata Kunci

Postingan mengenai keywords (kata kunci) ini saya tujukan kepada para Blogger dan yang baru belajar untuk menjadi Internet Marketer setelah anda menentukan tema blog. Adalah sangat penting untuk memperhitungkan kata kunci sebelum Anda membuat atau mempromosikan suatu website, barang atau pun jasa di dunia internet. Pemahaman mengenai kata kunci berikut mungkin akan memberi sedikit gambaran bagi Anda.

3 tipe kata kunci:

1. Keywords for Browsing (Kata kunci untuk Browsing)
Selama pencarian tahap pertama melalui Search Engine, Web Surfers umumnya menggunakan kata kunci biasa untuk mencari informasi. Misalnya, ada web surfer yang tertarik mengenai MP3 player. Kata kunci yang mungkin digunakan dalam mesin pencari adalah:

mp3 player

Umumnya, orang yang menggunakan kata kunci untuk browsing bertujuan untuk mencari informasi saja. Kata kunci untuk browsing biasanya mempunyai volume pencarian yang sangat tinggi. Mendapatkan peringkat 10 besar untuk kata kunci ini cukup sulit karena sangat kompetitif.

Satu-satunya peluang untuk mendapat ranking yang bagus di kata kunci ini adalah mencari kata kunci yang persaingannya sedikit.

2. Keywords for Comparing (Kata kunci untuk membandingkan)

Pada tahap pencarian kedua, Web Surfers mempersempit pilihan mereka karena mereka sudah tahu jenis produk/informasi spesifik apa yang sekarang mereka inginkan. Misalnya, web surfer mungkin tertarik pada sebuah USB stick MP3 player dengan flash RAM 1 GB. Maka web surfer akan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik:

mp3 player 8 GB
mp3 player usb stick
mp3 player murah
trekstor mp3 player
samsung mp3 player

Orang yang menggunakan “kata kunci untuk membandingkan” lebih siap untuk membeli/mendapatkan sesuatu. Artinya mereka tidak sekedar mencari informasi, tetapi berniat untuk membeli/mendapatkan sesuatu. Keywords for Comparing mungkin kata kunci terbaik yang dapat Anda targetkan untuk mengoptimalkan promosi Anda melalui Search Engine.

Volume pencarian Keywords for Comparing ini sedikit lebih rendah daripada Keyword for browsing, namun variasi kata kuncinya menjadi lebih banyak dan Anda pun akan memperoleh kesempatan lebih besar untuk mendapatkan 10 peringkat teratas di Search Engine.

3. Keywords for Buying (Kata kunci untuk membeli)

Di akhir pencarian, Web Surfers tahu apa yang mereka inginkan untuk dibeli/didapat. Mereka hanya mencari situs web yang memberi penawaran terbaik. Karena itu, Web Surfers menggunakan kata kunci yang sangat spesifik:

TrekStor i.Beat move 8 GB Video MP3 Player
TrekStor i.Beat move 8 GB free shipping
SanDisk Sansa Clip 1 GB

Orang yang menggunakan “kata kunci untuk membeli” sudah siap untuk membeli. Namun, kata kunci tersebut tidak akan banyak membantu Anda jika Anda menawarkan produk yang bersaing. Apalagi website Anda sendiri masih baru.

Kata kunci terbaik untuk optimasi Search Engine

Umumnya, Keywords for Comparing adalah kata kunci yang paling cocok untuk Optimasi Search Engine. Orang yang menggunakan kata kunci jenis ini umumnya bertujuan untuk mencari solusi bagi masalah mereka dan kemungkinan bertujuan untuk membeli/mendapatkan sesuatu, termasuk siap membeli produk.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam usaha Optimasi Search Engine Anda, berkonsentrasilah pada jenis kata kunci ini (Keywords for Comparing).

Dan berikut tips-tips tambahan dalam menentukan keywords:

1. Jangan gunakan kata kunci tunggal

Single words (Kata kunci tunggal) tidak dapat dipromosikan secara efektif. Misalnya, tidak mungkin seseorang yang mencari "download software blogging gratis" hanya mengetikkan "software" atau “gratis” ke dalam kotak pencarian.

Hindari frase kata kunci paling populer karena Anda akan bersaing dengan jutaan halaman lainnya untuk menarik perhatian Search Engine. Adalah tidak realistis untuk berpikir bahwa situs Web baru akan mendapat peringkat nomor satu pada sebuah frase yang populer seperti "mp3". Banyak perusahaan yang telah didirikan dan online di Internet selama bertahun-tahun yang sudah mempunyai peringkat bagus di Search Engine dan jumlah “link Popularity” yang sangat tinggi.

2. Multiple Keywords membuat situs Web Anda lebih relevan

Search engine menganalisa semua halaman website Anda dan menempatkannya kedalam kategori. Dimulai dengan Multiple Keywords dan kemudian memperpanjang daftar kata kunci Anda. Jika Situs Anda menyediakan file MP3, Anda harus mengoptimalkan halaman web tersebut untuk kata kunci seperti "independent bands mp3", "alternatif grunge mp3", "80s pop music mp3 download" dan kata kunci yang berhubungan terlebih dahulu.

Jika setiap kata kunci yang ada di situs Web Anda mendapatkan peringkat yang bagus di Search Engine (misalnya kata kunci tentang mp3 yang kita sebutkan di atas), maka Search Engine akan menemukan bahwa website Anda Relevan dengan topik mp3. Segera setelah Search Engine menentukan situs Web Anda relevan dengan topik ini, maka akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci seperti "mp3 download" atau bahkan "mp3".

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar