Postingan mengenai keywords (kata
kunci) ini saya tujukan kepada para Blogger dan yang baru belajar untuk
menjadi Internet Marketer setelah anda menentukan tema blog.
Adalah sangat penting untuk memperhitungkan kata kunci sebelum Anda
membuat atau mempromosikan suatu website, barang atau pun jasa di dunia
internet. Pemahaman mengenai kata kunci berikut mungkin akan memberi
sedikit gambaran bagi Anda.
3 tipe kata kunci:
1. Keywords for Browsing (Kata kunci untuk Browsing)
Selama pencarian tahap pertama melalui Search Engine, Web Surfers
umumnya menggunakan kata kunci biasa untuk mencari informasi. Misalnya,
ada web surfer yang tertarik mengenai MP3 player. Kata kunci yang
mungkin digunakan dalam mesin pencari adalah:
mp3 player
Umumnya, orang yang menggunakan
kata kunci untuk browsing bertujuan untuk mencari informasi saja. Kata
kunci untuk browsing biasanya mempunyai volume pencarian yang sangat
tinggi. Mendapatkan peringkat 10 besar untuk kata kunci ini cukup sulit
karena sangat kompetitif.
Satu-satunya peluang untuk mendapat ranking yang bagus di kata kunci ini adalah mencari kata kunci yang persaingannya sedikit.
2. Keywords for Comparing (Kata kunci untuk membandingkan)
Pada tahap pencarian kedua, Web
Surfers mempersempit pilihan mereka karena mereka sudah tahu jenis
produk/informasi spesifik apa yang sekarang mereka inginkan. Misalnya,
web surfer mungkin tertarik pada sebuah USB stick MP3 player dengan
flash RAM 1 GB. Maka web surfer akan menggunakan kata kunci yang lebih
spesifik:
mp3 player 8 GB
mp3 player usb stick
mp3 player murah
trekstor mp3 player
samsung mp3 player
Orang yang menggunakan “kata
kunci untuk membandingkan” lebih siap untuk membeli/mendapatkan sesuatu.
Artinya mereka tidak sekedar mencari informasi, tetapi berniat untuk
membeli/mendapatkan sesuatu. Keywords for Comparing mungkin kata kunci
terbaik yang dapat Anda targetkan untuk mengoptimalkan promosi Anda
melalui Search Engine.
Volume pencarian Keywords for
Comparing ini sedikit lebih rendah daripada Keyword for browsing, namun
variasi kata kuncinya menjadi lebih banyak dan Anda pun akan memperoleh
kesempatan lebih besar untuk mendapatkan 10 peringkat teratas di Search
Engine.
3. Keywords for Buying (Kata kunci untuk membeli)
Di akhir pencarian, Web Surfers
tahu apa yang mereka inginkan untuk dibeli/didapat. Mereka hanya mencari
situs web yang memberi penawaran terbaik. Karena itu, Web Surfers
menggunakan kata kunci yang sangat spesifik:
TrekStor i.Beat move 8 GB Video MP3 Player
TrekStor i.Beat move 8 GB free shipping
SanDisk Sansa Clip 1 GB
Orang yang menggunakan “kata
kunci untuk membeli” sudah siap untuk membeli. Namun, kata kunci
tersebut tidak akan banyak membantu Anda jika Anda menawarkan produk
yang bersaing. Apalagi website Anda sendiri masih baru.
Kata kunci terbaik untuk optimasi Search Engine
Umumnya, Keywords for Comparing
adalah kata kunci yang paling cocok untuk Optimasi Search Engine. Orang
yang menggunakan kata kunci jenis ini umumnya bertujuan untuk mencari
solusi bagi masalah mereka dan kemungkinan bertujuan untuk
membeli/mendapatkan sesuatu, termasuk siap membeli produk.
Untuk mendapatkan hasil terbaik
dalam usaha Optimasi Search Engine Anda, berkonsentrasilah pada jenis
kata kunci ini (Keywords for Comparing).
Dan berikut tips-tips tambahan dalam menentukan keywords:
1. Jangan gunakan kata kunci tunggal
Single words (Kata kunci tunggal) tidak dapat dipromosikan secara efektif. Misalnya, tidak mungkin seseorang yang mencari "download software blogging gratis" hanya mengetikkan "software" atau “gratis” ke dalam kotak pencarian.
Hindari frase kata kunci paling
populer karena Anda akan bersaing dengan jutaan halaman lainnya untuk
menarik perhatian Search Engine. Adalah tidak realistis untuk berpikir
bahwa situs Web baru akan mendapat peringkat nomor satu pada sebuah
frase yang populer seperti "mp3". Banyak perusahaan yang telah didirikan
dan online di Internet selama bertahun-tahun yang sudah mempunyai
peringkat bagus di Search Engine dan jumlah “link Popularity” yang
sangat tinggi.
2. Multiple Keywords membuat situs Web Anda lebih relevan
Search engine menganalisa semua
halaman website Anda dan menempatkannya kedalam kategori. Dimulai dengan
Multiple Keywords dan kemudian memperpanjang daftar kata kunci Anda.
Jika Situs Anda menyediakan file MP3, Anda harus mengoptimalkan halaman
web tersebut untuk kata kunci seperti "independent bands mp3", "alternatif grunge mp3", "80s pop music mp3 download" dan kata kunci yang berhubungan terlebih dahulu.
Jika setiap kata kunci yang ada
di situs Web Anda mendapatkan peringkat yang bagus di Search Engine
(misalnya kata kunci tentang mp3 yang kita sebutkan di atas), maka
Search Engine akan menemukan bahwa website Anda Relevan dengan topik
mp3. Segera setelah Search Engine menentukan situs Web Anda relevan
dengan topik ini, maka akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan peringkat
yang lebih tinggi untuk kata kunci seperti "mp3 download" atau bahkan "mp3".
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar